Selasa, 03 Februari 2009

Indonesia timur 2

Setelah kemaren kita ngobrol soal Bali di Indonesia timur 1, sekarang saatnya ke LOMBOK . . .
Iya sebuah pulau yang gak gedhe2 amat, ya paling tidak menyamai pulau Bali ini terletak pas di sebelah timur Bali men. Dari pelabuan padang bay sejauh 4 jam perjalanan menggunakan kapal fery kita akan disuguhi pemandangan laut yang menakjubkan sampai di pelabuan Lembar. Udah aku bilang semakin ke timur semakin keren, hehe asal gak ke timur 360 drajat.
Lombok, kok bisa dinamain lombok ya?emang pedes? Gini men, pernah ni aku tanya2 temen deket aku di sana, dulu waktu penyebaran agama islam pertama kali seorang penyiar agama mendarat dan pertama kali dia nemuin pohon lombok . . . eh maksudnya taneman lombok makanya disebut pulau Lombok, ya moga2 aja temenku gak boOng. Meskipun namanya pulau Lombok orang di sini gak pedes malah ramah2 lucu2 budayanya juga keren2. Apalagi tempat faporitku pantai senggigi wuih keren bgt. Bahkan melebihi pantai2 yang ada di Bali. Sebabnya masih bersih dan bener2 suasana alamnya masih terjaga keasliannya. Laut yang biru bening, pasir yang putih bersih dibalut dengan background hutan dan bukit2.
Kota Mataram sebagai jantung kota juga sudah cukup modern, terdapat mall, swalayan2, hotel berbintang, tempat ibadah, serta taman2 untuk rekreasi. Lombok terkenal dengan hasil taninya. Bahkan gudang beras / lumbung padi dipakai sebagai simbol ibu kota profinsi nusa tenggara barat. Mulai dari yang terkenal kangkung telah banyak diekspor ke luar negeri. Kangkung lombok terkenal krispi kres kress . . . Masakannya plecing kangkung super pedes. Jangan heran kalo budaya sini agak sama dengan Bali karena emang sukunya sama suku Sasak, tapi anehnya tiap kabupaten bisa berbeda bahasa.
Umat muslim mendominasi pulau ini. Tak salah jika pulau lombok dijuluki pulau seribu masjid. Masjidnya di mana2 gedhe2 pula. Umat Hindu, Muslim, Nasrani saling hidup berdampingan dan rukun.
Banyak tempat wisata menakjubkan yang gak kalian temuin di belahan dunia lain, ada pantai Kuta Lombok terkenal dengan pasir putih yang gedhe2. Pulau Gili yang masing2 pulau punya eksotika sendiri sampai sampai pemerintah melarang ada kendaraan yang boleh beroperasi di sana. Bolehnya pake cidomo, CIkar DOkar MOtor alat transport tradisi disana yang ditarik kuda. Ada gunung paling keren dengan kawah yang ajaib yaitu gunung Rinjani. Banyak sebenarnya tapi pengunjungnya belum seramai di Bali. Mungkin karena fasilitasnya atau promosinya. Tapi yang pasti pulau Bali dan Lombok seperti mutiara Indonesia bagi turis Internasional. Meski berharap tambah rame, moga2 keasrian dan kebersihannya tetap terjaga. Ndek kembe kembe ( enggak kenapa kenapa )

2 komentar: