Rabu, 21 Januari 2009

Cara Mudah & Cepat Mengatasi Kerusakan DVD Player

Udah banyak banget orang punya player/pemutar piranti compact disc. Lebih ringkas dan modern katanya. Setidaknya dengan harga 300ribuan kita sudah bisa mendapatkan DVD player, apalagi akhir ini pabrik2 mulai membenamkan fasilitas card reader dan USB slot yang memudahkan kita gampang mutar file video,foto,audio dari card MMC atau USB flash disk. Tapi karena begitu gampang dioperasikan,maka gampang juga terkena masalah. Di antara lain No disc, No gambar, No suara, dan sebagainya. Untuk orang awam emang cukup mudah untuk otak atik jeroan player disc. Cukup sediakan
1. Obeng +/-
2. Lap kering
3. Cotton bud (kapas pembersih telinga)
4. Alkohol
5. Solder
6. Timah/Tenol
7. Alat2yang anda punya secukupnya aja.
Begini caranya:
A. Pastikan kabel power sudah tercabut demi keamanan.
B. Buka setiap screw pada cover player,sedikitnya ada 5 buah. 4 di samping kiri kanan 1 di belakang.
C. Setelah terbuka tutupny, maka akan nampak 3 buah part intiny. Loader optical, MPEG, power supply board.
D. Jika unit mati,cek tegangan menuju MPEG (5v dan 12v/8v) jika tegangan normal,maka MPEGnya rusak ganti aja sesuai dengan tipeny, jika tegangan tidak normal maka perbaikan ada pada board power supply.
E. Jika no disc, maka bersihkan saja lensa optical memakai kapas pembersih telinga yang telah basah oleh alkohol. Jangan terlalu ditekan.
Untuk menjaga optical tetap awet, jaga kebersihan unit dan kaset cd yang akan diputar dengan lap dibasahi alkohol dengan arah lurus keluar dari tengah ke pinggir, jangan memutar untuk minimalisasi goresan. Usahakan unit tetap pada suhu kerja optimal, jangan biarkan terlalu panas.
Terlebih lagi alangkah baiknya pakai kaset cd yang original biar opticar laser tidak bekerja terlalu keras trus cepet rusak. Bagaimanapun kualitas bajakan sama yang aslinya berbeda jauh. Untuk menjaga MPEG awet, gunakan kabel RCA yang tebal dan pasang sesuai koneksi pada televisi,agar tidak ada kerusakan akibat elektro statis/ arus liar. Stop laju disc sebelum mengeluarkan disc atau mematikan unit. Dengan demikian unit akan lebih siap secara program untuk melaksanakan perintah jadi bakalan lebih awet.
Selamat mencoba,hati-hatilah, benda milik juga punya hati.
Jika ada kerusakan hubungi saja servis resmi terdekat agar lebih aman dan hemat.

38 komentar:

  1. saya munanya????..................................
    bagai mana cara mengatai kerusakan tv Digitec Ninja keadan mati total V lmpu indikator Hidup kira2" krusakan tv tsbt rusak apaya ya???.........
    Tlng di"Jawab???.................................
    zmz ke No;081368410942
    saya tgu jwn Nya?,,,,,,,,,......................
    Froom;daniel

    BalasHapus
  2. maaf mas daniel...hehe namanya kayak camerku aja. kmaren udah aku cba sms tapi gak isa.
    cba mas cek tegangan 5va 5vd dan 8v.jika program masih memakai 2 IC yang terpisah HBM dan STV coba cek tegangan 5v yang menyuplai led indikator. jika normal coba hidupkan pesawat dengan cara memencet tombol prog+ pada panel. jika hidup sesaat dan teg b+ mencapai 115, maka cari tegangan yang tidak normal sekitar beban, seperti fly back, ic program dan ic sound. atau ganti elco utk 50v yang tadinya 63v ganti dengan 47u/100v. silakan buka blog temen saya yono di bagian life supporter di blog saya utk lebih jelasnya. selamat mencoba.

    BalasHapus
  3. mas, mau tanya dunk, gimana kalo lensa dvdnya mati?apa udah pasti ganti y?kira2 harganya berapa?makasih ya.salam kenal...enay...

    BalasHapus
  4. gini mas..mau nanya ne...kalau dvd nya no disk(gakbisa baca)bisa gak loader optical nya di trim,trus gimana caranya,soalnya ada 2 trimpot di loader optical nya..thaks

    BalasHapus
  5. wah salam kenal bro saya dari bengkulu

    BalasHapus
  6. mas mau tanya,,,,plyer dvd saya tdk bs menyala......lampu signal ada tapi display tdk ada juga sdh tidak bs open dan close,,,thanks

    BalasHapus
  7. ass.. gini sobat, aku punya masalah sma DVD aku semuanya berjalan dengan normal kecuali videonya yang tidak bisa ditampilkan napa ya...??

    BalasHapus
  8. Kwn gw mau tanya.DVD akira gw saat power dihidupkan muncul tulisan HELLO pd layar..pas ditekan tombol open/close ga mau normal..tetap stand by tulisan HELLO...mohon bantuannya..trims..

    BalasHapus
  9. Bos, tolongin dong DVD vtron saya mati total sy udh cek daya 5v,12v nya g stabil/goyang2 (endut,ndutan)apa itu penyebab mati total tsb trus solusinya gimana? trims bantuannya

    Sholikhin

    BalasHapus
  10. Hai, temen-temen. Kang MJ datang untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar kerusakan-kerusakan pada DVD-player Vitron, mau kagak?? coba kunjungi Kang MJ blog di : www.mj-mj-info.blogspot.com. Untuk dik Arjuna matur suwun atas di-tayang-kannya komentar ini ... he ... he... Arjuna.

    BalasHapus
  11. Mau liat seputar gitaris dunia.. liat ja d www.mario_maulid.blogspot.com. mkasih

    BalasHapus
  12. mas home teater LG ku mau ready stanby di semua modus... tapi kok tidak mau nge'play y mas... terima kasih

    BalasHapus
  13. Selamat sore mas DVD saya kerusakannya karena petir...
    klo boleh minta sarannya,,,bagian komponen yang mana yg harus saya perbaiki,,,

    BalasHapus
  14. gabung deh,mas saya pnya dvd i_luv no disc,kondisi, optik nyala dan cd muter tapi tdk baca,mohon solusinya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sering mendapat pekerjaan servis dvd politron,krusakannya hampir sama semua,mati total tpi bukan dari power suplaynya.mohon solusinya..

      Hapus
    2. Cek tegangan tr sta/stk nya,biasanya itu penyebab untuk jenis compo dvd tape

      Hapus
  15. saya dapt job benerin speaker aktif politron .gejalanya :sura pecah begitu volum dbesarkan,bass, treeble juga sama.ada bunyi dengung,dan keder juga.terlihat pada jalur-jalur power ampli nya bergelembung dan jamuran.gimana solusiya. purwanto banjarnegara.

    BalasHapus
  16. mas... mau tanya...
    dvd ku rusak... ktanya spulnya yg kenak
    tu bgaimana btulinya

    BalasHapus
  17. yg punya rumah kmna ya??? Bnyk tamu kok dicuekin seh!! :(

    BalasHapus
  18. Mas dvd saya mati total merk NEC (cina pny).saya udah melakukan pergantian 4 buah dioda(1N4007), 1 buah transistor 13007 dan 1 fuse(2 ampere) tetapi tdk ada perubahan sama sekali tetap mati total.mohon solusinya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin kabel ac putus....cek pake tester....cek ic power.

      Hapus
  19. Home theater LG saya juga no disk...saya service di service center bilangnya mpegnya rusak...harus ganti seharga 1jt lebih. Tp barangnya blm tentu ada....katanya. Pusingg ɑ̤̥̈̊ќķƱ...ada yang punya solusi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anibal pake mpeg dvd bisA ,saya pernah coba

      Hapus
  20. kalau piooneer cld 158ok ga mau muter solusinya apa gan? semua komponen dalam keadaan normal

    BalasHapus
  21. kalau piooneer cld 158ok ga mau muter solusinya apa gan? semua komponen dalam keadaan normal

    sideku@gmail.com

    BalasHapus
  22. Mas, Home theater saya produk dr polytron masih tergolong umur muda gambarnya oke tapi kenapa ndak keluar suaranya/bisu ?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek ic+dioda,elko,resistor,cek tegangan ic in sama out....

      Hapus
  23. Agan agan yangtau cara ngetes ici sama str tolog kasih tau dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus di cek in sama out nya...di tes langsung pake arus pln.....

      Hapus
    2. Klo untuk str atau stk,sta lebih baik punya skemtic nya jadi lebih tau fungsi fungsi kaki2 nya

      Hapus
  24. gan saya punya midi dvd polytron waktu di tekan tombol open dvd gk mau kebuka solusi dong

    BalasHapus
  25. dvd big band open trus pdahal sdah dganti karet.... apa solusi mas....... please mas

    BalasHapus
  26. selamat siang gan. mau tanya dvd open close di layar jalan... tapi kok dinamo gak mau muter ya gan? seperti tidak ada arus yang masuk... sudah saya cek kondisi perkabelan dan switch nya normal. kira-kira apanya ya gan? trims.

    BalasHapus
  27. Mau tanya Mas?, DVD Phillips saya ready tapi tidak bisa play baik itu pemutar DVD, USB dan juga radionya, Kira kra apanya ya Mas? Terima kasih.

    BalasHapus
  28. Mas bro salam kenal. Saya mau tanya dvd home theater ht356 saya koq tiba" cdnya tdk mau keluar dan tidak mau keluar suara. Padahal displaynya nyala mas. Mohon solusinya mas ?

    BalasHapus